latihan soal un smp 2017 bahasa indonesia lengkap pembahasan - alfa singasari

latihan soal un smp 2017 bahasa indonesia lengkap pembahasan

loading...
loading...
latihan soal un smp 2017 bahasa indonesia lengkap pembahasan

selamat berlatih dengan latihan soal un smp tahun 2017 dengan materi pelajaran bahasa indonesia ini, semoga dapat menambah pengetahuan dalam persiapan menghadapi ujian nasional untuk smp ataupun mts, dengan banyak persiapan dan latihan semuanya menjadi mudah, un smp / mts, saya siap!

latihan soal un smp 2017 bahasa indonesia no 1 s/d 19

selanjutnya mari disimak soal - soal latihan bahasa indonesia ini, semoga menambah pengetahuan anda dalam mata pelajaran bahasa indonesia.

Biografi Mario Teguh
"Salam Super" itulah kata-kata pembuka yang biasa diucapkan oleh Mario Teguh ketika ia mulai membawakan acara di Metro TV yang bertajuk 'Mario Teguh Golden Ways'. Terkenal sebagai motivator terbaik di Indonesia yang memiliki kepribadian yang cerdas serta mampu memotivasi banyak orang melalui rangkaian kata-kata bijaknya sehingga ia makin banyak disukai oleh orang-orang.

1. Makna kata bercetak miring pada kutipan teks tersebut adalah …
A. Orang yang bertugas mengingatkan orang lain agar selalu melakukan perbuatan baik.
B. Orang yang bertugas membantu seseorang dalam menyelesaikan masalah pribadinya.
C. Orang yang menyebabkan timbulnya dorongan pada orang lain untuk melakukan sesuatu.
D. Orang yang membangkitkan semangat seseorang agar berasil dalam menjalankan usahanya.

Kelestarian Lingkungan Hidup
Lingkungan adalah sesuatu yang ada di sekitar manusia yang dapat memengaruhi kehidupan manusia. Lingkungan hidup adalah kesatuan ruang dengan benda dan kesatuan makhluk hidup termasuk manusia terlibat di dalamnya. Manusia harus menyadari bahwa lingkungan merupakan sarana pengembangan hidup yang harus
dijaga kelestariannya.
Dalam lingkungan hidup terdapat ekosistem, yaitu tatanan unsur lingkungan hidup yang merupakan kesatuan utuh menyeluruh dan saling memengaruhi dalam membentuk keseimbangan, stabilitas, dan produktivitas lingkungan hidup. Lingkungan hidup dapat dibedakan menjadi tiga, yaitu unsur hayati (biotik), unsur sosial budaya, dan unsur fisik (abiotik). Unsur hayati (biotik), yaitu unsur lingkungan hidup yang terdiri dari makhluk hidup, seperti manusia, hewan, tumbuhan dan jasad renik. Unsur sosial budaya, yaitu lingkungan sosial dan budaya yang dibuat oleh manusia berupa sistem nilai, gagasan, dan keyakinan dalam perilaku sebagai makhluk
sosial. Unsur fisik (abiotik), yaitu unsur lingkungan hidup yang terdiri dari makhluk tak hidup, seperti tanah, air, iklim, udara dan lain sebagainya. Keberadaan unsur ini sangat besar bagi kelangsungan hidup segenap kehidupan di bumi.
untuk soal no 2 dan 3, baca baik baik wacana di atas!

2. Informasi yang sesuai dengan isi teks tersebut adalah ….
A. Tanpa adanya unsur lingkungan hidup, manusia tidak hidup di bumi ini.
B. Unsur abiotik tidak terlalu berpengaruh terhadap kelangsungan hidup manusia.
C. Unsur sosial budaya diciptakan oleh manusia untuk kelestarian kehidupan di bumi.
D. Lingkungan hidup yang meliputi unsur biotik, sosial budaya, dan abiotik harus dijaga kelestariannya.

3. Simpulan isi teks tersebut adalah ...
A. Manusia harus menjaga kelestarian lingkungan hidup.
B. Manusia dapat memanfaatkan seluruh isi lingkungan hidup.
C. Seluruh unsur lingkungan hidup saling mempengaruhi demi kehidupan manusia.
D. Unsur biotik, sosial budaya, dan abiotik harus dimanfaatkan manusia secara seimbang.

Cermatilah teks berikut kemudian jawablah soal nomor 4 dan 5!

Ternyata jeruk nipis bermanfaat dalam mengobati batuk. Buah ini memiliki kandungan berupa minyak asiri dan zat yang dapat bermanfaat mengendalikan otot-otot pernapasan sehingga mampu meredakan batuk. Adapun cara penggunaannya yaitu dengan cara meminum air perasan dari jeruk nipis yang dapat dicampur dengan madu, kecap atau gula sehingga rasa asamnya berkurang. (http://informasiana.com)

4. Ide pokok teks tersebut adalah ....
A. manfaat jeruk nipis
B. kandungan jeruk nipis
C. campuran jeruk nipis
D. cara penggunaan jeruk nipis

5. Isi yang tersirat pada bagian teks tersebut adalah ....
A. Jeruk nipis dapat dicampur dengan zat lainnya
B. Jeruk nipis dapat ditanam di pekarangan rumah
C. Jeruk nipis memiliki khasiat untuk menjaga kesehatan
D. Jeruk nipis lebih berkhasiat dibandingkan jeruk lainnya

6. Bacalah kutipan teks berikut!
Perlunya Resapan Air untuk Mencegah Banjir
Banjir sudah menjadi agenda tahunan bagi masyarakat Indonesia. Tidak heran bila pemerintah berjuang keras dan mengeluarkan biaya yang sangat besar untuk menyelesaikan masalah ini. Membangun saluran air yang bagus merupakan salah satu cara pemerintah menanggulangi banjir. Namun, itu semua tidak akan berhasil apabila tidak diimbangi dengan pembangunan daerah resapan air. Jadi, resapan air ini merupakan syarat mutlak untuk menanggulangi banjir.
Pendapat yang mendukung kutipan isi teks tersebut adalah ...
A. Solusi tersebut hanya akan menghamburkan uang negara.
B. Solusi seperti itu sudah tepat sehingga harus segera direalisasikan.
C. Solusi yang dipilih pemerintah tidak akan mampu menanggulangi banjir.
D. Solusi tersebut masuk akal, tetapi sulit membangun resapan air di perkotaan.

7. Cermatilah teks berikut!
Sejak zaman dahulu, nenek moyang kita sudah mengenal tanaman lidah buaya serta manfaatnya. Manfaat tumbuhan yang bernama latin Aloe Vera ini tidak hanya sebagai penyubur rambut, tetapi juga bermanfaat bagi kesehatan. Tumbuhan tanpa buah ini mempunyai ciri-ciri, seperti daun berbentuk panjang, tebal, dan berwarna hijau. Daunnya mengandung serat bening sebagai daging.
Meskipun sejak dahulu dikenal memiliki banyak khasiat, belum banyak yang mengetahui bahwa tanaman ini bisa menjadi komoditas yang menguntungkan. Komoditas yang berbahan lidah buaya, di antaranya obat untuk mempercepat proses penyembuhan penyakit, jus lidah buaya atau gel sebagai obat pencahar yang baik dan sangat membantu jika mengalami sembelit, ramuan penyubur rambut, juga sebagai minuman yang menyehatkan
Ringkasan paragraf tersebut adalah....
A. Lidah buaya bermanfaat sebagai penyubur rambut juga untuk kesehatan.
B. Lidah buaya sangat bermanfaat untuk mengobati berbagai macam penyakit.
C. Lidah buaya selain bermanfaat juga menjadi komoditas yang menguntungkan.
D. Lidah buaya memiliki ciri-ciri tertentu dan nilai komoditas yang menguntungkan.

8. Bacalah kutipan teks berikut!
Kutipan teks I
Gamelan Jawa
Yogyakarta adalah tempat yang paling tepat untuk menikmati gamelan. Di kota ini Anda dapat menikmati gamelan versi aslinya. Gamelan yang berkembang di Yogyakarta adalah Gamelan Jawa yaitu musik yang biasanya menonjolkan metalofon, gambang, gendang, dan gong. Musik yang tercipta pada Gamelan Jawa berasal dari paduan bunyi gong, kenong, dan alat musik Jawa lainnya.
Gamelan Jawa berbeda dengan Gamelan Bali ataupun Gamelan Sunda. Gamelan Jawa memiliki nada yang lebih lembut dan slow, berbeda dengan Gamelan Bali yang rancak dan Gamelan Sunda yang sangat mendayu-dayu dan didominasi suara seruling.
Perbedaan itu wajar, karena Jawa memiliki pandangan hidup tersendiri yang diungkapkan dalam irama musik gamelannya. Adanya perbedaan gamelan Jawa, Bali, ataupun Sunda mengindikasikan bahwa masing-masing daerah memiliki pandangan hidup dan budaya sehingga berpengaruh pada gamelannya.
Kutipan teks II
KEKERINGAN
Kekeringan adalah keadaan kekurangan air yang sangat ekstrim dalam waktu lama. Kekeringan timbul tanpa dapat diprediksi secara tepat. Di Indonesia, hujan turun secara tidak merata meskipun pada umumnya hujan terjadi di seluruh wilayah negeri. Selain itu, hujan tidak terjadi dalam waktu yang bersamaan. Di wilayah barat, hujan sudah turun, tetapi di wilayah timur belum turun hujan. Kekeringan biasanya muncul bila suatu wilayah secara terus-menerus mengalami curah hujan di bawah rata-rata. Musim kemarau yang panjang akan menjadi bencana alam apabila menyebabkan suatu wilayah kehilangan sumber pendapatan akibat gangguan pada pertanian dan ekosistem yang ditimbulkannya.
Perbedaan penggunaan bahasa pada kedua kutipan teks tersebut adalah....

A. bahasanya mudah dipahami, banyak menggunakan istilah ilmiah
B. banyak menggunakan bahasa daerah, bahasanya mudah dipahami
C. menggunakan istilah-istilah khusus, banyak menggunakan istilah ilmiah
D.banyak menggunakan istilah khusus, menggunakan istilah-istilah umum

9. Bacalah teks berikut!
1) Penerbit Wayang menerbitkan buku terbaru yang berjudul Sudah Saatnya Menjadi Penulis Hebat. 2) Buku ini ditulis oleh Bendi Derajat. 3) Judulnya menarik, isinya lengkap, bahasanya ringan dan mudah dipahami serta bermanfaat bagi pembaca. 4) Hanya saja buku tersebut menggunakan banyak istilah akademik yang sulit dipahami pembaca awam.
Kelemahan karya sastra yang terdapat pada ulasan buku tersebut ditandai nomor...
A. 1
B. 2
C. 3
D. 4

Bacalah kutipan cerpen berikut kemudian jawablah soal nomor 10 s.d. 13!
Langit menjadi kelabu. Awan hitam mulai tak mampu lagi membendung butiran air. Matahari pergi. Sinarnya pun tak berbekas. Di samping rumah Nada, nampak Dio masih asyik bermain dengan merpatinya. Nada tersenyum menatapnya dari balik jendela kamarnya. Ya, tetangganya itu memang sangat menyukai merpati. Bahkan di samping rumahnya ada sebuah kandang merpati yang cukup luas miliknya sendiri. Ia biasa menyebutnya istana Merpati Dara Dori. Begitu banyak jenis merpati yang ia piara. Semuanya sepasang. Ada merpati lokal, merpati kipas, merpati gondok, merpati Lahore, dan masih banyak lagi. Namun, di antara semua merpatinya, merpati lokal berwarna seputih saljulah yang paling ia sukai. Dara dan Dori.

10. Makna kata “membendung” pada kutipan cerpen tersebut ialah ….
A. menahan
B. menampung
C. membentengi
D. mengumpulkan

11. Pernyataan yang sesuai dengan isi cerpen tersebut adalah …
A. Merpati yang paling Dio Gemari adalah merpati Lahore.
B. Dio seorang yang menggemari berbagai jenis burung merpati.
C. Kandang burung yang ada sengaja dibuat untuk Dara dan Dori.
D. Nada tidak senang kalau Dio memelihara banyak burung merpati.

12. Kutipan cerpen tersebut merupakan bagian alur ...
A. pengenalan
B. komplikasi
C. klimaks
D. penyelesaian

13. Latar suasana yang terdapat pada kutipan cerpen tersebut adalah .…
A. mendung
B. hujan
C. dingin
D. sunyi

Bacalah kutipan cerpen berikut kemudian jawablah soal nomor 14 s.d.17!
“Nada, minggu depan kita harus pindah ke Jogjakarta. Ayah dipindahtugaskan di sana.” Bagaikan petir di siang bolong menyambar Nada yang seketika itu langsung diam mematung. “Kenapa mendadak, Bunda? Nada senang tinggal di sini. Apa Nada tidak bisa tetap tinggal di sini? Sekolah Nada gimana?” “Tidak bisa, sayang. Kamu mau tinggal sama siapa di sini? Masalah sekolah, semua sudah diurus Ayah. Kamu hanya tinggal mengemasi barang-barangmu.” Nada terdiam. Tak mungkin mampu ia membantah. Minggu depan ia harus meninggalkan tempat ini. Tepat di hari ulang tahun Dio yang ke-18. Terasa berat untuknya meninggalkan tempat ini. Terlalu banyak kenangan yang terukir. Semakin terasa berat ketika harus meninggalkan Dio.

14. Makna simbol petir di siang bolong pada kutipan cerpen tersebut adalah.... 
A. merasa sedih 
B. merasa bingung 
C. sangat terkejut 
D. merasa heran

15. Amanat yang terdapat pada kutipan cerpen tersebut adalah ...
A. Sebagai anak harus patuh pada kedua orang tua.
B. Lakukan perintah orang tua meskipun dengan terpaksa!
C. Ikhlaskan diri kita dalam mengerjakan sesuatu pekerjaan!
D. Setiap keputusan agar dibicarakan terlebih dahulu dengan keluarga!

16. Penyebab terjadinya konflik pada kutipan cerpen tersebut adalah ...
A. Perasaan berat hati Nada harus meninggalkan Dio.
B. Nada merasa bingung dengan masalah sekolahnya.
C. Kepindahan tempat tugas ayah Nada yang mendadak.
D. Nada merasa berat meninggalkan tempat tinggal yang sekarang.

17. Akibat konflik yang terjadi pada kutipan cerpen tersebut adalah...
A. Nada diam mematung selama satu minggu.
B. Nada harus segera mengemasi barang-barang miliknya.
C. Meskipun merasa berat, minggu depan Nada harus ikut pindah ke Yogyakarta.
D. Ayah dan ibu Nada harus mencari tempat tinggal dan sekolah baru untuk Nada.

18. Bacalah kutipan fabel berikut!
Teks Fabel I
Dengan bangganya lucky berlari-lari kecil sambil menyeret-nyeret balok kayu yang dikalungkan majikannya, untuk menarik perhatian orang lain. Tetapi tak ada satu pun orang yang senang melihat anjing itu. Balok itu sebenarnya dikalungkan majikannya agar orang mengetahui kehadiran lucky, dan bisa menghindarinya. Seekor anjing lain yang melihatnya kemudian berkata "Kamu seharusnya lebih bijaksana dan berdiam diri di rumah agar orang tidak melihat balok yang dikalungkan di lehermu. Apakah kamu senang bahwa semua orang.
Teks Fabel II
Di sebuah hutan, musim kemarau, burung-burung dan hewan-hewan lain sangat sulit untuk mendapatkan air. Namun ada seekor burung perkutut yang menemukan kendi tua yang berisi sedikit air. Kendi tersebut memiliki bentuk yang tinggi dan juga sempit, sehingga burung tersebut tidak bisa menjangkau air di dalam kendi tersebut. Burung perkutut tersebut tetap mencoba untuk meminum air yang ada di dalam kendi, tetapi tetap saja tidak bisa. Burung itu hampir putus asa hingga munculah sebuah ide.. Burung tersebut kemudian mengambil kerikil-kerikil yang ada di samping kendi dan menjatuhkannya ke dalam kendi satu persatu. Ide yang cemerlang itu membuat air lama kelamaan naik sehingga burung perkutut bisa meminum air tersebut.
Perbedaan pola pengembangan kedua kutipan fabel tersebut diawali dengan ....

A menampilkan lokasi cerita, memberikan garis besar cerita
B memberikan garis besar, cerita memulai dengan aksi
C memunculkan masalah, mengisyaratkan bahaya
D memulai dengan aksi, menampilkan lokasi cerita

19. Bacalah kutipan fabel berikut!
Teks Fabel I
Mumba dengan santai berjalan di tengah hutan. Tanpa sengaja ia menemukan buah yang sangat lezat. Mumba berniat mengambil buah tersebut. Rencananya, dia akan menikmati buah yang lezat itu di pinggir sungai di tengah hutan, ditemani hembusan angin, dan lambaian daun pepohonan yang mendayu-dayu. Sesampainya di tepi sungai, Mumba dengan santai menyantap buah tersebut.
Teks Fabel II
Si rusa tiba-tiba marah mendengar jawaban si kura-kura. “Jangan berlagak engkau, hei kura-kura! Engkau hanya mondar-mandir saja seperti bola namun berlagak tengah mencari sumber kehidupan”. Si kura-kura berusaha menjelaskan, namun si rusa tetap marah. Si kura-kura yang jengkel akhirnya menantang untuk mengadu kekuatan betis kaki.
Perbedaan penggunaan bahasa pada kedua kutipan fabel tersebut adalah….

A. bermajas litotes,bermajas personifikasi
B. bermajas personifikasi,bermajas perumpamaan
C. bermajas perumpamaan, bermajas litotes
D. bermajas metafora, bermajas personifikasi

kunci jawaban dan pembahasan latihan soal un smp 2017 bahasa indonesia no 1 s/d 19

KUNCI JAWABAN DAN PEMBAHASAN CONTOH SOAL BERDASARKAN JABARAN KISI KISI UJIAN NASIONAL MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA.

1.C
Untuk menentukan makna/arti sebuah kata dalam teks, kita harus memperhatikan konteks secara utuh.
2.D
Pilihan jawaban D sesuai dengan isi teks.
3.A
Simpulan adalah pendapat akhir berdasarkan uraian/data-data sebelumnya.
4.A
Gagasan utama adalah ide yang mendasari sebuah paragraf/inti pembahasan sebuah paragraf. Gagasan utama terdapat pada kalimat utama. Letak kalimat utama paragraf pertama tersebut ada di awal paragraf.
5..C
Pernyataan pilihan A sesuai dengan isi paragraf kedua.
6 B
Pendapat pro adalah pendapat yang merespon baik atau mendukung terhadap hal atau masalah.
7.C
Ringkasan adalah penyajian karangan atau peristiwa yang panjang dalam bentuk yang singkat dan efektif.
8.D
Kutipan teks I banyak menggunakan istilah khusus dan Kutipan teks II, banyak menggunakan istilah umum.
9.D
Kelemahan karya sastra adalah kekurangan yang ada pada sebuah karya sastra.
10.A
Untuk memaknai sebuah kata dalam teks, kita harus perhatikan konteksnya dengan memperhatikan makna teks secara keseluruhan.
11.B
Pilihan jawaban B, paling sesuai dengan isi teks.
12.A
Pengenalan: pengenalan latar cerita yang berkaitan dengan tokok, waktu, suasana, dan tempat yang berkaitan dengan cerpen.
13.B
Latar tempat dibuktikan dengan …Langit menjadi kelabu. Awan hitam mulai tak mampu lagi membendung butiran air.
14.C
Untuk memaknai simbol pada teks, kita harus perhatikan konteksnya dengan memperhatikan makna teks secara utuh.
15.A
Amanat adalah pesan yang ingin disampaikan pengarang kepada pembaca.
16.C
Sebab konflik adalah penyebab terjadinya konflik, diawali dengan kepindahan tempat tugas ayah Nada yang mendadak.
17.C
Akibat konflik adalah akibat yang ditimbulkan konflik.
18.D
Pola pengembangan masing-masing teks berbeda. Fabel dikembangkan dengan tahapan sebagai berikut.
1. Pengenalan: bagian awal cerita yang berisi pengenalan tokoh, latar tempat dan waktu, serta awalan masuk ke tahap berikutnya.
2. Rumitan: terjadinya konflik/permasalahan antara tokoh utama dengan tokoh lain.
3. Klimaks: berisi pemecahan masalah.
4. Peleraian: berisi pemecahan masalah
5. Penyelesaian: bagian terakhir fabel yang berisi perubahan yang terjadi pada tokoh dan pelajaran yang dapat dipetik dari cerita.
19.B
Teks I menggunakan majas personifikasi dan Teks II menggunakan majas perumpamaan.

latihan soal un smp 2017 bahasa indonesia no 20 s/d 50

Bacalah teks berikut untuk menjawab soal nomor 20-22!
Hiduplah seekor rusa pada zaman dahulu. Ia sangat sombong lagi pemarah. Sering ia meremehkan kemampuan hewan lain.
Pada suatu hari si Rusa berjalan-jalan di pinggir danau. Ia bertemu dengan Kura-kura yang terlihat hanya mondar-mandir saja. "Kura-kura, apa yang sedang engkau lakukan di sini?"
"Aku sedang mencari sumber penghidupan," jawab si Kura-kura.
Si Rusa tiba-tiba marah mendengar jawaban si Kura-kura. "Jangan berlagak engkau, hei Kura-kura! Engkau hanya mondar-mandir saja namun berlagak tengah mencari sumber penghidupan!"
Si Kura-kura berusaha menjelaskan, namun si Rusa tetap marah. Bahkan, si Rusa mengancam akan menginjak tubuh si Kura-kura. Si Kura-kura yang jengkel akhirnya menantang untuk mengadu kekuatan betis kaki.
Si Rusa sangat marah mendengar tantangan si Kura-kura untuk mengadu betis. Ia pun meminta agar si Kura-kura menendang betisnya terlebih dahulu. "Tendanglah sekeras-kerasnya, semampu yang engkau bisa lakukan!"
Si Kura-kura tidak bersedia melakukannya. Katanya, "Jika aku menendang betismu, engkau akan jatuh dan tidak bisa membalas menendangku."
Si Rusa kian marah mendengar ucapan si Kura- kura. Ia pun bersiap-siap untuk menendang. Ia berancang-ancang. Ketika dirasanya tepat, ia pun menendang dengan kaki depannya sekuat-kuatnya.

20. Komentar terhadap isi teks tersebut adalah
A. Kura-kura yang selalu mengalah.
B. Rusa yang sombong dan pemarah.
C. Rusa yang selalu memusuhi kura-kura yang sabar.
D. Sikap kura-kura perlu dijadikan contoh dalam kehidupan.

21. Komentar terhadap pola pengembangan alur pada kutipan teks tersebut adalah ….
A. alur cerita berupa abstrak – komplikasi – koda
B. alur cerita berupa orientasi – komplikasi – evaluasi
C. alur cerita berupa abstrak – orientasi – komplikasi
D. alur cerita berupa pengenalan – klimaks – peleraian

22. Komentar penggunaan bahasa dalam kutipan teks tersebut adalah ....
A. menggunakan majas agar ceritanya menarik
B. menggunakan kata-kata kiasan untuk memperindah cerita
C. bahasa lugas dan sederhana sehingga mudah dipahami
D. menggunakan campuran bahasa daerah sehingga sulit dimengerti.

23. Bacalah teks berikut!
Musim hujan atau musim basah adalah musim dengan ciri meningkatnya curah hujan di suatu wilayah dibandingkan biasanya dalam jangka waktu tertentu secara tetap. Musim hujan hanya dikenal di wilayah dengan iklim tropis. Secara teknis [...], musim hujan dianggap mulai terjadi apabila curah hujan dalam tiga dasarian berturut-turut telah melebihi 100 mm per meter persegi per dasarian dan berlanjut terus. Apabila hal ini belum terpenuhi namun curah hujan telah tinggi kondisinya dianggap sebagai peralihan musim (pancaroba).
Kata yang tepat untuk mengisi kalimat rumpang dalam paragraf tersebut adalah ....
A. astronomi
B. meteorologi
C. geografi
D. sosiologi

24. Bacalah teks berikut!
Setelah proses pemijahan selesai, segera angkat induk dari kolam pemijahan ikan lele. Hal ini untuk menghindari telur disantap oleh induk ikan karena setelah memijah induk ikan betina akan merasa lapar. Selanjutnya telur yang telah dibuahi ditetaskan. Penetasan bisa dilakukan di kolam pemijahan atau pun di tempat lain seperti akuarium, fiberglass atau kolam terpal. [...]
Kalimat yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah …
A. Selama ikan belum menetas sebaiknya air tidak diganti karena akan berpengaruh pada suhu air dan kelembabannya berubah.
B. Selama proses penetasan suplai oksigen (aerasi) harus dipertahankan dan suhu distabilkan pada kisaran 28 – 29 o C.
C. Setelah itu ditunggu sekitar satu minggu sampai ikan-ikan menetas dan siap dipanen.
D. Selama proses ini lampu yang menerangi akuarium diatur suhunya.

25. Bacalah teks prosedur berikut dengan saksama!
(1)Pengairan selanjutnya dikurangi, terutama pada fase penuaan rimpang karena tanah yang menggenang dapat menyebabkan buruknya rimpang jahe.
(2)Mula-mula air disalurkan melalui saluran pemasukan, kemudian dibiarkan menggenangi petakan hingga tanah cukup basah.
(3)Selanjutnya, air segera dialirkan melalui saluran pembuangan.
(4)Pengairan harus dilakukan secara rutin 3 – 5 hari sekali atau bergantung pada keadaan cuaca dan kelembaban tanah.
(5)Pengairan dilakukan dengan cara digenangi 15 menit atau lebih sehingga tanah cukup basah.
Urutan kalimat teks prosedur yang tepat adalah…
A. (1), (3), (2), (5), (4)
B. (3), (1), (5), (2), (4)
C. (4), (5), (1), (2), (3)
D. (4), (1), (2), (5), (3)

26. Cermati kalimat berikut!
Peran dan manfaat WTO Globalisasi memberikan dampak berupa perubahan pada pasar internasional. Salah satunya adalah [...] perdagangan, yang dipandang sebagai suatu upaya untuk meningkatkan daya saing ekonomi.
Kata yang tepat untuk melengkapi bagian rumpang pada kalimat tersebut adalah ....
A. globalisasi
B. liberalisasi
C. kapitalisasi
D. modernisasi

27. Bacalah teks berikut!
Manfaat olahraga bagi kesehatan manusia jelas sangat banyak dan bisa dirasakan oleh setiap orang. Tak bisa dipungkiri bahwa olahraga menjadi salah satu gaya hidup yang wajib dilakukan setiap orang untuk bisa membuat tubuhnya tetap sehat dan bugar. Sebagai sebuah kegiatan yang bisa melemaskan otot-otot tubuh, olahraga dinilai sangat penting bagi semua orang. [...] Olahraga dianjurkan untuk semua orang, baik yang sehat, sedang menjalankan diet, bahkan bagi orang yang kurang sehat pun terkadang disarankan untuk berolahraga karena faktanya olahraga mampu mengembalikan kesehatan tubuh dan mampu membakar lemak jahat yang tertimbun di dalam tubuh.
Kalimat yang tepat untuk melengkapi teks tersebut adalah ...
A. Tak peduli itu orang dewasa ataupun anak-anak, jika tak pernah berolahraga pasti akan merasakan dampak negatifnya.
B. Tak peduli itu orang dewasa ataupun anak-anak, jika tak pernah berolahraga pasti akan merasakan dampat positif dan negatifnya.
C. Tak peduli itu orang dewasa ataupun anak-anak, jika tak pernah berolahraga pasti akan merasakan dampak dalam kehidupannya.
D. Tak peduli itu orang dewasa ataupun anak-anak, jika tak pernah berolahraga pasti akan merasakan dampak yang negatif dalam hidupnya.

28. Bacalah teks berikut!
Orang tua harus mampu memberikan penjelasan yang menginterpretasikan kembali adegan yang ada di dalam televisi, mengajak dialog dan berdiskusi agar melatih sikap kritis anak dalam menonton, serta mematikan televisi kalau isi siarannya banyak mengandung unsur kekerasan, seksualitas, dan tidak pantas. Di samping itu, orang tua jangan pelit membelikan film bermutu, sehingga anak tidak terjebak dalam tayangan televisi yang tidak menyehatkan.
[...]
Pemerintah harus tegas menerapkan undang-undang, sehingga televisi yang sudah membuat banyak pelanggaran, hak siarnya bisa diluruskan, kalau perlu ditutup sekalian. Pemerintah jangan sampai main mata karena masa depan bangsa adalah yang utama. Industri media harus taat dengan regulasi. Industri media hadir bagi negara sebagai penyangga membangun peradaban masa depan.
Paragraf yang tepat untuk melengkapi teks tersebut adalah ...
A. Anak adalah investasi masa depan. Jangan sampai media televisi membunuh masa depan mereka dan masa depan bangsa ini. Terakhir, hindari menonton televisi pada waktu menjelang tidur. Biasakan hal ini. Semakin malam tayangan televisi, biasanya diisi dengan acara yang ditujukan bagi penonton lebih dewasa.
B. Sayangnya, ekologi masyarakat kita belum sepenuhnya menyadari pentingnya media, apalagi pihak televisi hanya mengejar rating. Di samping itu, masih kurang pendidikan media sehat oleh agen literasi media, seperti orang tua, guru, dan masyarakat. Dari sini, memilih tayangan yang sehat dan bermutu merupakan keniscayaan di tengah dahsyatnya kejar rating yang dilakukan pihak televisi.
C. Aghata Lily (2014), Komisioner KPI Pusat Bidang Isi, menjelaskan tayangan yang baik adalah yang edukatif. Hal ini bisa dilakukan dengan durasinya tidak terlalu panjang (25-30 menit), nyaman di telinga dan mata, memperhatikan tone atau tempo musik dari tayangan, mencermati iklan dalam tayangan anak, mengusung nilai positif, serta memerhatikan warna dan gerakan.
D. Pihak sekolah juga harus mampu memberikan tayangan ―tandingan‖, sehingga anak mempunyai tambahan referensi yang bermutu. Sekolah juga harus mendorong anak membuat tayangan ―tandingan‖ tersebut. Anak diajak menjadi produser, bukan konsumen yang pasif. Dorongan ini sangat penting sehingga anak justru sudah paham sejak dini untuk mengisi tayangan televisi yang tidak menyehatkan, dengan tayangan yang kreatif dan inovatif.

49
Paragraf yang tepat untuk melengkapi teks tersebut adalah ...
A. Anak adalah investasi masa depan. Jangan sampai media televisi membunuh masa depan mereka dan masa depan bangsa ini. Terakhir, hindari menonton televisi pada waktu menjelang tidur. Biasakan hal ini. Semakin malam tayangan televisi, biasanya diisi dengan acara yang ditujukan bagi penonton lebih dewasa.
B. Sayangnya, ekologi masyarakat kita belum sepenuhnya menyadari pentingnya media, apalagi pihak televisi hanya mengejar rating. Di samping itu, masih kurang pendidikan media sehat oleh agen literasi media, seperti orang tua, guru, dan masyarakat. Dari sini, memilih tayangan yang sehat dan bermutu merupakan keniscayaan di tengah dahsyatnya kejar rating yang dilakukan pihak televisi.
C. Aghata Lily (2014), Komisioner KPI Pusat Bidang Isi, menjelaskan tayangan yang baik adalah yang edukatif. Hal ini bisa dilakukan dengan durasinya tidak terlalu panjang (25-30 menit), nyaman di telinga dan mata, memperhatikan tone atau tempo musik dari tayangan, mencermati iklan dalam tayangan anak, mengusung nilai positif, serta memerhatikan warna dan gerakan.
D. Pihak sekolah juga harus mampu memberikan tayangan ―tandingan‖, sehingga anak mempunyai tambahan referensi yang bermutu. Sekolah juga harus mendorong anak membuat tayangan ―tandingan‖ tersebut. Anak diajak menjadi produser, bukan konsumen yang pasif. Dorongan ini sangat penting sehingga anak justru sudah paham sejak dini untuk mengisi tayangan televisi yang tidak menyehatkan, dengan tayangan yang kreatif dan inovatif.

29. Bacalah teks berikut!
Tugas Sekolah
Suatu sore, Budi dan Iwan akan mengerjakan tugas kelompok yang diberikan guru seni rupa. Tugas mereka adalah membuat patung dari bahan gips.
―Bud, kita mulai saja membuat patung dari gips ini!‖ ajak Iwan kepada Budi. ―Oke, Wan,‖ Budi mengiyakan. ―Apa yang harus kita lakukan, Wan?‖ tanya Budi. Iwan pun menjelaskan, ―Menurut catatan, pertama, kita ambil gips secukupnya. Lalu, gips itu kita campur dengan air dan aduk sampai rata. Setelah rata, kita masukkan adukan tersebut ke dalam cetakan yang sudah disediakan.‖
―Nah, cetakan sudah terisi adukan. Apalagi, Wan?‖ tanya Budi. ―Selanjutnya, jemur adukan di cetakan itu di panas matahari sampai keras,‖ Iwan kembali menjelaskan. ―Oke, Wan,‖ ujar Budi sambil menjemur adukan ke tempat yang panas.
Setelah beberapa jam, adukan di cetakan itu pun keras. ―Sudah keras nih, Wan. Apalagi?‖ tanya Budi. ―Angkat gibs dari cetakan! Pelan-pelan, ya, Bud!‖ pesan Iwan. ―Sudah nih, Wan. Terus?‖ tanya Budi lagi. ―Terakhir, kita dapat menghias patung gips ini sesuai selera!‖
―Wah, indah sekali jadinya patung gips ini, Wan,‖ Budi memuji karyanya sendiri. Iwan hanya mengangguk pelan sambil tersenyum.
Teks prosedur yang tepat berdasarkan teks cerpen tersebut adalah...
A. Langkah-langkah membuat patung dari gips
1) Ambilah gips secukupnya!
2) Campur gips dengan air dan aduk sampai rata!
3) Masukkan adukan tersebut ke dalam cetakan yang sudah disediakan!
4) Jemur adukan di panas matahari sampai cetakan itu keras!
5) Setelah keras, angkat gibs dari cetakan!
6) Hiaslah sesuai selera!
B. Langkah-langkah membuat patung dari gips
1) Baca catatan petunjuk pembuatan!
2) Ambilah gips secukupnya!
3) Campur gips dengan air dan aduk sampai rata!
4) Masukkan adukan tersebut ke dalam cetakan yang sudah disediakan!
5) Jemur adukan di panas matahari sampai cetakan itu keras!
6) Setelah keras, angkat gibs dari cetakan dan hiaslah sesuai selera!
C. Langkah-langkah membuat patung dari gips
1) Ambilah gips secukupnya!
2) Campur gips dengan air dan aduk sampai rata!
3) Masukkan adukan tersebut ke dalam cetakan yang sudah disediakan!
4) Jemur adukan di panas matahari sampai cetakan itu keras!
5) Amati adukan itu selama beberapa jam!
6) Setelah keras, angkat gibs dari cetakan!
7) Hiaslah sesuai selera!
D. Langkah-langkah membuat patung dari gips
1) Ambilah gips secukupnya!
2) Campur gips dengan air dan aduk sampai rata!
3) Masukkan adukan tersebut ke dalam cetakan yang sudah disediakan!
4) Jemur adukan di panas matahari sampai cetakan itu keras!
5) Setelah keras, angkat gibs dari cetakan!
6) Hati-hati jangan sampai adukan pecah!
7) Hiaslah sesuai selera!

30. Cermati data-data berikut!
Jeruk Nipis (Citrus Aurantifolia)
-Digolongkan ke dalam Familia Rutaceae
-Termasuk adalah tumbuhan perdu
-Tumbuh di daerah terbuka dengan sirkulasi udara yang baik
-Dikembangbiakkan melalui semaian biji atau bibit cangkokan
-Buah berbentuk bulat, berwarna hijau atau kuning, berdiameter 3-6 cm, rasa masam agak pahit
-Mengandung vitamin C, saponin, lavonoida, minyak atsiri, linalin asetat, geronil astat, asam sitrat, kalsium, fosfor, vitamin B1, zat besi, fellandren, dan sitral.
-Perasan isi buahnya dipakai untuk memasamkan makanan seperti pada soto. Juga digunakan sebagai obat batuk, obat sembelit, obat ambeien, mencegah rambut rontok, obat demam, obat flu, obat amandel, dan lain-lain.
Penulisan teks laporan yang sesuai dengan data-data tersebut adalah ...
A. Jeruk nipis (citrus aurantifolia) digolongkan ke dalam Familia Rutaceae. Jeruk nipis atau limau nipis adalah tumbuhan perdu yang menghasilkan buah dengan nama yang sama. Tanaman jeruk nipis tumbuh di daerah terbuka. Tanaman ini dikembangbiakkan melalui semaian biji atau bibit cangkokan. Buah jeruk nipis berbentuk bulat, berwarna hijau atau kuning, memiliki diameter 3 – 6 cm, memiliki rasa masam agak pahit, agak serupa dengan lemon. Jeruk nipis memiliki kandungan vitamin C lebih banyak dibandingkan jenis jeruk lainnya. Selain vitamin C, buah jeruk nipis juga mengandung saponin, lavonoida, minyak atsiri, linalin asetat, geronil astat, asam sitrat, kalsium, fosfor, vitamin B1, zat besi, fellandren, dan sitral. Jeruk nipis dipakai perasan isi buahnya untuk memasamkan makanan seperti pada soto. Selain digunakan untuk penyedap makanan, jeruk nipis juga digunakan sebagai obat batuk,obat sembelit, obat ambeien, mencegah rambut rontok, obat demam, obat flu, obat amandel, dan lain-lain. Jeruk nipis juga bermanfaat untuk kecantikan, antara lain : membuat kuku cemerlang, membuat rambut halus, lembut, dan berkilau serta dapat menghilangkan ketombe.
B. Jeruk nipis (citrus aurantifolia) digolongkan ke dalam Familia Rutaceae. Jeruk nipis atau limau nipis adalah tumbuhan perdu yang menghasilkan buah dengan nama yang sama. Tanaman jeruk nipis tumbuh di daerah terbuka. Tanaman ini dikembangbiakkan melalui semaian biji. Buah jeruk nipis berbentuk bulat, berwarna hijau atau kuning, memiliki diameter 3 – 6 cm, memiliki rasa masam agak pahit, agak serupa dengan lemon. Jeruk nipis memiliki kandungan vitamin C lebih banyak dibandingkan jenis jeruk lainnya. Selain vitamin C, buah jeruk nipis juga mengandung saponin, lavonoida, minyak atsiri, linalin asetat, geronil astat, asam sitrat, kalsium, fosfor, vitamin B1, zat besi, fellandren, dan sitral. Jeruk nipis dipakai perasan isi buahnya untuk memasamkan makanan seperti pada soto. Selain digunakan untuk penyedap makanan, jeruk nipis juga digunakan sebagai obat batuk,obat sembelit, obat ambeien, mencegah rambut rontok, obat demam, obat flu, obat amandel, dan lain-lain. Jeruk nipis juga bermanfaat untuk kecantikan, antara lain : membuat kuku cemerlang, membuat rambut halus, lembut, dan berkilau serta dapat menghilangkan ketombe.
C. Jeruk nipis (citrus aurantifolia) digolongkan ke dalam Familia Rutaceae. Jeruk nipis atau limau nipis adalah tumbuhan perdu yang menghasilkan buah dengan nama yang sama. Tanaman jeruk nipis tumbuh di daerah terbuka dengan sirkulasi udara yang baik. Tanaman ini dikembangbiakkan melalui semaian biji atau bibit cangkokan. Buah jeruk nipis berbentuk bulat, berwarna hijau atau kuning, memiliki diameter 3 – 6 cm, memiliki rasa masam agak pahit, agak serupa dengan lemon. Jeruk nipis memiliki kandungan vitamin C lebih banyak dibandingkan jenis jeruk lainnya. Selain vitamin C, buah jeruk nipis juga mengandung saponin, lavonoida, minyak atsiri, linalin asetat, geronil astat, asam sitrat, kalsium, fosfor, vitamin B1, zat besi, fellandren, dan sitral. Jeruk nipis dipakai perasan isi buahnya untuk memasamkan makanan seperti pada soto. Selain digunakan untuk penyedap makanan, jeruk nipis juga digunakan sebagai obat batuk,obat sembelit, obat ambeien, mencegah rambut rontok, obat demam, obat flu, obat amandel, dan lain-lain. Jeruk nipis juga bermanfaat untuk kecantikan, antara lain : membuat kuku cemerlang, membuat rambut halus, lembut, dan berkilau serta dapat menghilangkan ketombe.
D. Jeruk nipis (citrus aurantifolia) digolongkan ke dalam Familia Rutaceae. Jeruk nipis atau limau nipis adalah tumbuhan perdu yang menghasilkan buah dengan nama yang sama. Tanaman jeruk nipis tumbuh di daerah terbuka dengan sirkulasi udara yang baik. Tanaman ini dikembangbiakkan melalui semaian biji atau bibit cangkokan. Buah jeruk nipis berbentuk bulat, berwarna hijau atau kuning, memiliki diameter 3 – 6 cm, memiliki rasa masam agak pahit, agak serupa dengan lemon. Jeruk nipis memiliki kandungan vitamin C lebih banyak dibandingkan jenis jeruk lainnya. Selain vitamin C, buah jeruk nipis juga mengandung saponin, lavonoida, minyak atsiri, linalin asetat, geronil astat, asam sitrat, vitamin B1, zat besi, fellandren, dan sitral. Jeruk nipis dipakai perasan isi buahnya untuk memasamkan makanan seperti pada soto. Selain digunakan untuk penyedap makanan, jeruk nipis juga digunakan sebagai obat batuk,obat sembelit, obat ambeien, mencegah rambut rontok, obat demam, obat flu, obat amandel, dan lain-lain. Jeruk nipis juga bermanfaat untuk kecantikan, antara lain membuat kuku cemerlang, membuat rambut halus, lembut, dan berkilau, menghilangkan jerawat, serta dapat menghilangkan ketombe.

31. Cermati kalimat berikut!
Kepada para siswa diwajibkan ikut upacara HUT Kemerdekaan RI ke-70.
Penggunaan kata yang tidak tepat pada kalimat tersebut adalah ....
A. para
B. ke-70
C. kepada
D. diwajibkan

32. Cermati kalimat-kalimat berikut!
1.Dalam acara sumpah jabatan itu dilakukan secara Islam, Kristen, dan Budha.
2.Dengan teknologi informasi besar sekali pengaruhnya terhadap kemajuan bangsa.
3.Saya berharap agar para pirsawan yang budiman sudi memberikan kritik dan saran.
4.Dengan dilaksanakannya program TV masuk desa bermanfaat sekali bagi orang-orang yang ada di pedesaan.
Kalimat-kalimat tersebut yang tidak efektif terdapat pada nomor ...
A. 1, 2, 3
B. 1, 2, 4
C. 1, 3, 4
D. 2, 3, 4

33. Bacalah paragraf berikut!
(1) Sebentar lagi akan diumumkan juara lomba puisi yang akan dibacakan oleh ketua panitia. (2) Kepada semua para peserta lomba baca puisi diharapkan tenang. (3) Pemenang akan mendapatkan hadiah berupa piala dan uang dalam bentuk buku tabungan.
Ketidakpaduan paragraf tersebut dikarenakan ...
A. Penggunaan kata kepada dan diharapkan pada kalimat kedua yang tidak tepat.
B. Penggunaan kata semua, dan diharapkan pada kalimat kedua yang tidak tepat.
C. Penggunaan kata semua, para, dan diharapkan pada kalimat kedua yang tidak tepat.
D. Penggunaan kata kepada,semua, para dan diharapkan pada kalimat kedua yang tidak tepat.

34. Cermati kalimat berikut!
Ekonomi rakyat adalah ―kegiatan ekonomi rakyat banyak‖ . Jika dikaitkan dengan kegiatan pertanian, maka yang dimaksud dengan kegiatan ekonomi rakyat adalah kegiatan ekonomi petani atau peternak atau nelayan kecil, [...], petani tanpa tanah, nelayan tanpa perahu, dan sejenisnya; dan bukan perkebunan atau peternak besar atau MNC pertanian, dan sejenisnya.
Istilah yang tepat untuk melengkapi kalimat tersebut adalah ....
A. petani kecil
B. petani gurem
C. petani buruh
D. petani peternak

35. Cermati kalimat berikut!
Penyu hijau memiliki sirip dayung, yang [...] dengan kuat dan gemulai.
Kata berimbuhan yang tepat untuk melengkapi kalimat tersebut adalah ....
A. membuat
B. membantu
C. membuatnya
D. membantunya

36. Cermati kalimat berikut!
Menurut kami, sebuah diskusi harus diawali dengan konsensus mengenai [...] bahan diskusi.
Kata ulang yang tepat untuk melengkapi kalimat tersebut adalah ....
A. batas-batas
B. batas-batasan
C. batasan-batasan
D. pembatasan-pembatasan

37. Cermati kalimat berikut!
Pelaporan Kartika Cup berjalan sukses. Semua itu dikarenakan dukungan dana dari berbagai pihak.
Perbaikan kata yang dicetak miring pada kalimat tersebut adalah ....
A. Perjalanan, meski
B. Perjalanan, karena
C. Penyelenggaraan, meski
D. Penyelenggaraan, karena

38. Cermati kalimat berikut!
Banyak anak-anak Indonesia yang mengalami keterlantaran dan penelantaran karena faktor ekonomi keluarga mereka. Mereka memiliki mimpi yang sama untuk maju dan sejahtera.
Perbaikan kalimat tidak efektif tersebut yang tepat adalah ...
A. Banyak anak-anak Indonesia yang mengalami keterlantaran karena faktor ekonomi keluarga mereka. Mereka memiliki mimpi yang sama untuk maju dan sejahtera.
B. Banyak anak Indonesia yang terlantar karena faktor ekonomi keluarga. Mereka memiliki mimpi yang sama untuk maju dan sejahtera.
C. Banyak anak Indonesia yang mengalami keterlantaran karena faktor ekonomi. Mereka memiliki mimpi yang sama untuk maju dan sejahtera.
D. Banyak anak Indonesia yang terlantar karena faktor ekonomi. Mereka memiliki mimpi yang sama untuk maju dan sejahtera.

39. Bacalah paragraf berikut!
Sejak awal bulan Januari penderita demam berdarah di DKI Jakarta mencapai 1.752 orang. Mereka rata-rata penduduk usia produktif. Sehingga pemerintah DKI Jakarta segera menerjunkan petugas medis untuk secepatnya membantu para pasien. Bantuan obat-obatan dikirim ke rumah-rumah sakit yang menampung para pasien. Pada musim hujan memang wabah ini sering melanda warga yang tinggal di kawasan padat penduduk dengan lingkungan yang kumuh.
Perbaikan paragraf tersebuat yang tepat adalah ...
A. Sejak awal bulan Januari penderita demam berdarah di DKI Jakarta mencapai 1.752 orang. Mereka rata-rata penduduk usia produktif, pemerintah DKI Jakarta segera menerjunkan petugas medis untuk secepatnya membantu para pasien. Bantuan obat-obatan dikirim ke rumah-rumah sakit yang menampung para pasien. Pada musim hujan memang wabah ini sering melanda warga yang tinggal di kawasan padat penduduk dengan lingkungan yang kumuh.
B. Sejak awal bulan Januari penderita demam berdarah di DKI Jakarta mencapai 1.752 orang. Mereka rata-rata penduduk usia produktif. Pemerintah DKI Jakarta 
segera menerjunkan petugas medis untuk secepatnya membantu para pasien. Bantuan obat-obatan dikirim ke rumah-rumah sakit yang menampung para pasien. Pada musim hujan memang wabah ini sering melanda warga yang tinggal di kawasan padat penduduk dengan lingkungan yang kumuh.
C. Sejak awal bulan Januari penderita demam berdarah di DKI Jakarta mencapai 1.752 orang. Mereka rata-rata penduduk usia produktif dan pemerintah DKI Jakarta segera menerjunkan petugas medis untuk secepatnya membantu para pasien. Bantuan obat-obatan dikirim ke rumah-rumah sakit yang menampung para pasien. Pada musim hujan memang wabah ini sering melanda warga yang tinggal di kawasan padat penduduk dengan lingkungan yang kumuh.
D. Sejak awal bulan Januari penderita demam berdarah di DKI Jakarta mencapai 1.752 orang. Mereka rata-rata penduduk usia produktif. Kemudian pemerintah DKI Jakarta segera menerjunkan petugas medis untuk secepatnya membantu para pasien. Bantuan obat-obatan dikirim ke rumah-rumah sakit yang menampung para pasien. Pada musim hujan memang wabah ini sering melanda warga yang tinggal di kawasan padat penduduk dengan lingkungan yang kumuh.

40. Cermati kalimat berikut!
Sedangkan cangkangnya biasanya berwarna cokelat atau olive.
Ketidaktepatan penggunaan kata pada kalimat tersebut adalah ....
A. Kata sedangkan berada pada awal kalimat.
B. Kata olive tidak dikenal dalam bahasa Indonesia.
C. Kata cangkang merupakan kata dalam bahasa Jawa.
D. Kata biasanya diganti dengan kata pada umumnya.

41. Cermati kalimat berikut!
Kebersihan lingkungan adalah merupakan aspek yang tidak terpisahkan dari kehidupan manusia.
Ketidakefektifan kalimat tersebut dikarenakan penggunaan ....
A. katanya rancu
B. konjungsi tidak tepat
C. kata berimbuhan tidak tepat
D. katanya rancu dan konjungsi tidak tepat

42. Cermati paragraf berikut!
(1)Kebersihan lingkungan sekolah adalah hal yang tak bisa dipisahkan dari kehidupan sekolah dan merupakan faktor yang sangat penting dalam meraih keberhasilan proses belajar mengajar. (2) Sehingga kebersihan lingkungan sekolah akan lebih menjamin kebersihan seseorang dan menyehatkan. (3) Kebersihan tidak sama dengan kemewahan, kebersihan adalah usaha manusia agar lingkungan sekolah tetap sehat terawat secara berkesinambungan.
Ketidakpaduan paragraf tersebut dikarenakan ketidaktepatan penggunaan ....
A. istilah
B. konjungsi
C. tanda baca
D. kalimat penjelas

43. Cermati kalimat berikut!
Kemarin Brigadir Jenderal Ahmad dilantik menjadi Mayor Jenderal.
Kesalahan penggunaan ejaan pada kalimat tersebut adalah ...
A. Penggunaan huruf kapital pada kata brigadir.
B. Penggunaan huruf kapital pada kata jenderal.
C. Penggunaan huruf kapital pada kata brigadir jenderal.
D. Penggunaan huruf kapital pada kata mayor jenderal.

44. Cermati kalimat berkut!
Beberapa hal yang kita butuhkan adalah: niat, keberanian, dan kreativitas.
Kesalahan penggunaan tanda baca pada kalimat tersebut adalah ...
A. Penggunaan tanda koma (,) sebelum kata dan.
B. Penggunaan tanda titik dua (:) dan tanda koma.
C. Penggunaan tanda titik dua (:) sesudah kata adalah.
D. Penggunaan tanda titik dua ( sesudah kata adalah dan tanda koma (,) sebelum dan.

45. Cermati kalimat-kalimat berikut!
(1)Pembagian piket kelas menjadi salah satu cara untuk menjaga kebersihan lingkungan sekolah.
(2)Petugas piket biasanya melakukan tugas membersihkan ruang kelas, Seperti menyapu kelas, menghapus papan tulis, dan menyiapkan spidol atau kapur tulis.
(3)Selain itu, setiap hari jumat selalu digunakan untuk melakukan kerja bakti membersihkan sekolah setelah pelajaran pertama selesai.
(4)Banyak manfaat yang diperoleh dari kegiatan "Jum'at Bersih. Selain lingkungan sekolah bersih, hubungan murid dan guru juga bisa semakin akrab dengan adanya kerja sama.
Penggunaan ejaan yang tepat pada keempat kalimat tersebut adalah ...
A. (1) Pembagian piket kelas menjadi salah satu cara untuk menjaga kebersihan lingkungan sekolah. (2) Petugas piket biasanya melakukan tugas membersihkan ruang kelas, Seperti menyapu kelas, menghapus papan tulis, dan menyiapkan spidol atau kapur tulis. (3) Selain itu, setiap hari Jum‘at selalu digunakan untuk melakukan kerja bakti membersihkan sekolah setelah pelajaran pertama selesai. (4) Banyak manfaat yang diperoleh dari kegiatan "Jum'at Bersih. Selain lingkungan sekolah bersih, hubungan murid dan guru juga bisa semakin akrab dengan adanya kerja sama.
B. (1) Pembagian piket kelas menjadi salah satu cara untuk menjaga kebersihan lingkungan sekolah. (2) Petugas piket biasanya melakukan tugas membersihkan ruang kelas, Seperti menyapu kelas, menghapus papan tulis, dan menyiapkan spidol atau kapur tulis. (3) Selain itu, setiap hari Jumat selalu digunakan untuk melakukan kerja bakti membersihkan sekolah setelah pelajaran pertama selesai. (4) Banyak manfaat yang diperoleh dari kegiatan "Jumat Bersih‖. Selain lingkungan sekolah bersih, hubungan murid dan guru juga bisa semakin akrab dengan adanya kerja sama.
C. (1) Pembagian piket kelas menjadi salah satu cara untuk menjaga kebersihan lingkungan sekolah. (2) Petugas piket biasanya melakukan tugas membersihkan ruang kelas, seperti menyapu kelas, menghapus papan tulis, dan menyiapkan spidol atau kapur tulis. (3) Selain itu, setiap hari Jumat selalu digunakan untuk melakukan kerja bakti membersihkan sekolah setelah pelajaran pertama selesai. (4) Banyak manfaat yang diperoleh dari kegiatan "Jumat Bersih‖. Selain lingkungan sekolah bersih, hubungan murid dan guru juga bisa semakin akrab dengan adanya kerja sama.
D. (1) Pembagian piket kelas menjadi salah satu cara untuk menjaga kebersihan lingkungan sekolah. (2) Petugas piket biasanya melakukan tugas membersihkan ruang kelas, seperti menyapu kelas, menghapus papan tulis, dan menyiapkan spidol atau kapur tulis. (3) Selain itu, setiap hari Jumat selalu digunakan untuk melakukan kerja bakti membersihkan sekolah setelah pelajaran pertama selesai. (4) Banyak manfaat yang diperoleh dari kegiatan "Jum'at Bersih. Selain lingkungan sekolah bersih, hubungan murid dan guru juga bisa semakin akrab dengan adanya kerja sama.

46. Cermati kalimat berikut!
Kapan Bapak berangkat tanya Hartini.
Penggunaan tanda baca yang tepat pada kalimat tersebut adalah ...
A. ―Kapan Bapak berangkat‖? tanya Hartini.
B. ―Kapan Bapak berangkat?‖ tanya Hartini.
C. ―Kapan Bapak berangkat‖?, tanya Hartini.
D. ―Kapan Bapak berangkat?‖, tanya Hartini.

47. Cermati kalimat berikut!
Burung Merpati adalah salah satu hewan tersukses di dunia, karena burung jenis ini ditemui di seluruh belahan dunia kecuali antartika.
Perbaikan ejaan yang tepat pada kalimat tersebut adalah ...
A. Burung Merpati adalah salah satu hewan tersukses di dunia, karena burung jenis ini ditemui di seluruh belahan dunia kecuali Antartika.
B. Burung merpati adalah salah satu hewan tersukses di dunia, karena burung jenis ini ditemui di seluruh belahan dunia kecuali antartika.
C. Burung Merpati adalah salah satu hewan tersukses di dunia, karena burung jenis ini ditemui di seluruh belahan dunia kecuali Antartika.
D. Burung merpati adalah salah satu hewan tersukses di dunia, karena burung jenis ini ditemui di seluruh belahan dunia kecuali Antartika.

48. Cermati kalimat berikut!
Belajarlah dengan tekun anak-anak, nasihat Pak Guru!
Perbaikan tanda baca yang tepat pada kalimat tersebut adalah ...
A. Belajarlah dengan tekun anak-anak! nasihat Pak Guru!
B. ―Belajarlah dengan tekun anak-anak!‖, nasihat Pak Guru!
C. ―Belajarlah dengan tekun anak-anak‖!, nasihat Pak Guru!
D. ―Belajarlah dengan tekun anak-anak! nasihat Pak Guru!

49. Cermati kalimat berikut!
Saya telah membaca novel Dari Ave Maria Ke Jalan Lain Ke Roma.
Ketidaktepatan penggunaan ejaan dikarenakan ...
A. Penggunaan huruf kapital pada kata dari.
B. Penggunaan huruf kapital pada kata jalan.
C. Penggunaan huruf kapital pada kata lain.
D. Penggunaan huruf kapital pada kata depan ke.

50. Cermati kalimat berikut!
Semua siswa, baik yang laki-laki maupun yang perempuan, mengikuti latihan upacara HUT Kemerdekaan RI ke-tujuh puluh.
Ketidaktepatan penggunaan tanda baca pada kalimat tersebut dikarenakan ...
A. Penggunaan tanda koma sebelum kata baik.
B. Penggunaan tanda koma sebelum kata mengikuti
C. Penggunaan tanda hubung sebelum kata tujuh puluh.
D. Penggunaan tanda koma dan tanda hubung pada kalimat tersebut.

kunci jawaban dan pembahasan latihan soal un smp 2017 bahasa indonesia no 20 s/d 50

20.B
Mengomentari isi cerpen berarti menilai isi cerpen disertai alasan yang tepat. Isi cerita tersebut bagus karena mengajarkan kepada pembaca agar jangan sombong dan tidak balas dendam.
21.B
Pola pengembangan cerpen tersebut dimulai dengan menampilkan lokasi karena di dalam kutipan fabel dimunculkan lokasi cerita yaitu di suatu hutan.
22.B
Mengomentari penggunaan bahasa dapat didasarkan pada kekomunikatifan bahasa yang digunakan di samping unsur bahasa, seperti kata ganti, konjungsi, rujukan, dsb.
Bahasa yang digunakan dalam fabel tersebut adalah bahasa sehari-hari sehingga pembaca mudah dalam memahami isi fabel tersebut.
23.A
Untuk melengkapi kalimat dengan kata dilakukan dengan cara mencermati kata sebelum dan sesudah kata yang dirumpangkan.
24.B
Melengkapi teks dengan kalimat dapat dilakukan dengan cara mencermati kalimat sebelum dan sesudah kalimat yang dirumpangkan.
25.B
Menyusun kalimat-kalimat laporan agar padu, maka urutan kalimat harus memperlihatkan keruntutan berpikir yang dapat dilihat dari keterkaitan antarkalimat yang ditandai antara lain dengan konjungsi, pengulangan, dan kata ganti.
26.A
Untuk melengkapi teks dengan kata dilakukan dengan cara mencermati kata sebelum dan sesudah kata yang dirumpangkan pada kalimat.
27.D
Melengkapi paragraf dengan kalimat dapat dilakukan dengan cara mencermati kalimat sebelum dan sesudah kalimat yang dirumpangkan.
28.B
Melengkapi teks dengan paragraf dapat dilakukan dengan cara mencermati paragraf sebelum dan sesudah paragraf yang dirumpangkan.
29.C
Yang harus diperhatikan dalam mengubah sebuah teks menjadi teks lain adalah inti informasi (inti cerita) teks hasil ubahan tidak berbeda dengan inti informasi teks yang diubah.
30.D
Menulis teks berdasarkan fakta berarti semua fakta yang ada harus bisa kita uraikan dalam bentuk kalimat-kalimat yang saling berkaitan.
31.B
Untuk mengetahui sebuah kata yang tidak tepat digunakan dalam sebuah kalimat, harus diperhatikan arti atau maksud kalimat secara utuh.
32.D
Kalimat efektif adalah kalimat yang menggunakan kata-kata yang tepat tanpa ada kata tambahan yang bersifat mubazir (berlebihan) dan ambigu (bermakna ganda).
33.D
Paragraf padu adalah paragraf yang kalimat-kalimatnya tersusun dengan logis dan serasi. Antarkalimat dalam paragraf padu saling berkaitan sehingga membentuk keutuhan ide. Jika masih terdapat kalimat yang tidak berkaitan dengan kalimat lain dalam sebuah paragraf berarti paragraf tersebut tidak padu.
- Kalimat ke-4 pada paragraf tersebut tidak berkaitan dengan kalimat lain.
34.D
Menggunakan istilah dalam kalimat secara tepat harus mencermati bagian sebelum dan sesudah bagian yang dirumpangkan.
35.B
Menggunakan kata berimbuhan secara tepat dalam kalimat harus mencermati bagian sebelum dan sesudah bagian yang dirumpangkan. Kata berimbuhan yang akan digunakan harus berkaitan dengan kata sebelum dan sesudah dirumpangkan sehingga kalimat mempunyai makna yang utuh.
36.A
Menggunakan kata kata ulang secara tepat dalam kalimat harus mencermati bagian sebelum dan sesudah bagian yang dirumpangkan. Di samping itu, cermati pula kaidah penulisaan kata ulang tersebut dan maknanya setelah menjadi kata bentukan.
37.A
Penulisan kata yang tepat adalah mengubah
38.A
Kata diduduki oleh, dari pada tidak efektif, penggunaan yang efektif adalah tim
39.C
Perbaikan agar paragraf tersebut padu adalah dengan menghilangkan kalimat ke-3 karena kalimat tersebut tidak berkaitan dengan kalimat yang lainnya.
40.A
Kata pemakaman tidak tepat, diganti kata dimakamkan.
41.D
Kalimat efektif adalah kalimat yang menggunakan kata-kata yang tepat tanpa ada kata tambahan yang bersifat mubazir (berlebihan) dan ambigu (bermakna ganda). Kata beberapa buku-buku dan sangat laku sekali maknanya berlebihan sehingga perlu dihilangkan kata beberapa atau salah satu kata buku dan dihilangkan kata sangat atau sekali.
42.C
Paragraf padu adalah paragraf yang kalimat-kalimatnya tersusun dengan logis dan serasi. Antarkalimat dalam paragraf padu saling berkaitan sehingga membentuk keutuhan ide. Kalimat ke-3 pada paragraf tersebut tidak berkaitan dengan kalimat lain sehingga membuat kalimat tidak padu.
43.A
Penulisan kata Bandung dan Cianjur seharusnya bandung dan cianjur.
44.A
Penggunaan tanda baca koma (,) setelah kata tulis tidak tepat, seharusnya tanda titik dua (:).
45.B
Nopember seharusnya ditulis November, kalimat ke-3 dan ke-4 juga terdapat penulisan kata yang tidak baku.
46.A
 Tanda petik dipakai untuk mengapit petikan langsung yang berasal dari pembicaraan (kalimat langsung).
 Tanda koma dipakai untuk memisahkan petikan langsung dari bagian lain dalam kalimat.
47.D
Penulisan kata pfotocopy tidak baku seharusnya fotokopi dan penulisan apotik seharusnya Apotek.
48.C
Tanda koma dipakai untuk memisahkan anak kalimat (keterangan) dari induk kalimat (inti kalimat) jika anak kalimat itu mendahului induk kalimatnya.
Cermati juga kaidah penggunaan tanda baca hubung (-).
49.A
Kata kwantitas dan kwalitas seharusnya ditulis kuantitas dan kualitas sesuai dengan pedoman EYD.
50.D
Tanda apostrof diganti tanda petik dua (“...”) dan tanda titik (.) di belakang singkatan rupiah dihilangkan sesuai dengan pedoman EYD.

wach....wach.. capek dech, akhirnya selesai juga artikel ini latihan soal un smp atau mts 2017 lengkap kunci jawaban dan pembahasan semoga dapat digunakan dengan bijak dalam belajar dan meraih prestasi. masih ada lagi nich soal ukk bahasa indonesia kelas 3 sd
Loading...

4 komentar

Soal dg pembahasan tidak sama. Dr no 20-50 hanya bbrpa yg sama anatara soal dan jawaban.

ok. makasih masukannya, kami gunakanuntuk pembenahan lebih lanjut

terimakasih atas pembahasan soal un nya..
jika berkenan silahkan bisa berkunjung di www*infoops*club (ganti * dengan titik) terimakasih.

ini Kurikulum 2013/KTSP untuk soalx


EmoticonEmoticon